Minggu, 11 September 2011

Seminar Perisan 10 September 2011

         Hari sabtu, Tanggal 10 September 2011. Bertempat di ruang serbaguna STIKOM Surabaya lantai 1, diadakan kegiatan lanjutan dari OKK yaitu seminar perisan. Seminar kali ini dibawakan oleh Bapak Bambang dengan materi Motivasi. Di awali dengan sedikit perkenalan oleh Bapak Bambang selaku pembawa materi seminar perisan, terlihat para mahasiswa baru sangat antusias.

         Dalam seminar kali ini dijelaskan bahwa motivasi sendiri berasal dari kata motive/motif yang artinya bisa terbagi 2, yaitu segala sesuatu yang membuat seseorang bertingkah laku tertentu, dan kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi ke arah pencapaian tujuan organisasi. Motivation itu sendiri bisa diartikan the processes that account for an individual's intensitydirectionpersistence of effort foward attaining a goal. Manusia memiliki kebutuhan, kebutuhan di sini dapat di artikan sebagai kekurangan yang dirasakan seseorang pada waktu tertentu atau bisa juga suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil tertentu tampak menarik.

         Terdapat beberapa teori motivasi. Sebagai contoh adalah Hierarchy of Needs Theory menurut Maslow, there is a hierarchy of five needs: Physiological, Safety, Social, Esteem, Self-Actualization. Ada juga ERG Theory menurut Clayton Alderfer, there are three groups of core needs: Existence, Relatedness, Growth. Existence is Provision of basic material, Relatedness is Relationship, and Growth is Desire for personal development. Douglas Mc Gregor juga memiliki Teori X dan Y, dimana teori X : assumes that employees dislike work, lack ambition, and avoid responsibility, dan teori Y dengan makna sebaliknya.

         Motivasi biasanya juga di barengi dengan POWER, dimana P = Positive attitude, O = Other people, W = Words, E = Expand, R = Realize your goal. Dalam kesempatan kali ini Bapak Bambang juga menjelaskan tentang Persiapan dan Perubahan Sikap Kerja, di mana terdapat 10 isi di dalam nya antara lain, 1. Bentuk sikap dan kebiasaan produktif, 2. Melayani banyak bidang lain, 3. Selalu siap berubah, 4. Tampil terbaik agar orang lain puas, 5. Punya wawasan luas dan minat beragam, 6. Peduli keterpaduan kerja (team spirit), 7. Perilaku merefleksi kepribadian, 8. Kerja berpikir dan berpikir untuk kerja, 9. Work with plan and plan to work, 10. Fun-excitement-inspiring-dynamic. Sekianlah 10 Persiapan dan Perubahan Sikap Kerja yang di sampaikan Bapak Bambang dan sekaligus mengakhiri Seminar Perisan hari sabtu, 10 September 2011 ini.

0 komentar:


Bima's Realm © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute