Senin, 19 September 2011

Tugas Konsep Sistem Informasi

Setelah dua kali pertemuan dalam mata kuliah Konsep Sistem Informasi, di mana dalam dua kali pertemuan ini sudah di jelaskan tentang Konsep Sistem Informasi dari Dasar Sistem Informasi. Perkembangan dalam bidang TI/SI juga di singgung dalam mata kuliah ini, sebagai contoh tentang jejearing social yang bernama Facebook, seperti yang kita ketahui dan di jelaskan pula oleh ibu tyas bahwa facebook dulunya hanya dari suatu kalangan dan hanya untuk suatu kalangan tertentu. Pada suatu saat ketika ternyata facebook terus berkembang menjadi mendunia seperti saat ini, dalam contoh tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa sangat jelas dalam bidang TI/SI akan terus berkembang tiap tahunnya dan tidak sedikit yang percaya ramalan sekitar 20 tahun kedepan bidang ini akan berkuasa, pernyataan ini di dukung oleh beberapa video yang di putar oleh ibu tyas yang berisikan betapa canggihnya teknologi di masa depan. Dengan adanya salah satu contoh ini, dapat kita simpulkan bahwa kesempatan kerja dalam bidang ini tidak boleh di anggap remeh.



Dalam pertemuan mata kuliah ini di bahas juga tentang sistem pendukung manajemen, di mana mereka yang menyediakan informasi dan dukungan untuk membantu manajer dalam mengambi suatu keputusan. Adapun beberapa tipe sistem pendukung manajemen antara lain:
• Management Information Systems (MIS) : menyediakan laporan harian kepada manager
• Decision Support Systems (DSS) : menyediakan pengambilan keputusan yang interaktif
• Executive Information Systems (EIS) : menyediakan informasi penting untuk manajer

Tidak ketinggalan komponen dari IS antara lain:
• Sumberdaya Manusia : Ahli IS, ataupun pengguna IS
• Perangkat Keras : Semua perangkat yang digunakan untuk proses informasi
• Perangkat Lunak : Semua informasi yang diproses, atau program yang digunakan
• Sumber Data : Fakta tentang transaksi bisnis atau database yang telah di atur
• Sumber Hubungan : Hubungan atau koneksi Internet, Intranet dan Extranet


Contoh-contoh orang sukses dalam bidang IS:

Bill Gates:
William Henry Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 55 tahun), lebih dikenal sebagai Bill Gates, adalah pendiri (bersama Paul Allen) dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Ia juga merupakan seorang filantropis melalui kegiatannya di Yayasan Bill & Melinda Gates. Ia menempati posisi pertama dalam orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun (1995 hingga 2007), namun sejak 5 Maret 2008 berada di posisi ketiga setelah pebisnis AS Warren Buffett dan pebisnis Meksiko Carlos Slim HelĂș.

Eric Schmidt:
Eric Emerson Schmidt (lahir 27 April 1955) adalah seorang teknisi, mantan anggota dewan direktur Apple Inc., dan pimpinan eksekutif Google. Pada 2001–2011, ia menjabat sebagai CEO Google. Ia juga pembuat pendamping perangkat lunak penganalisis leksikal lex untuk Unix. Ia juga menjabat sebagai anggota Dewan Kepercayaan Universitas Carnegie Mellon dan Universitas Princeton.

Mark Zuckerberg:
Mark Elliot Zuckerberg (lahir di White Plains, New York, 14 Mei 1984; umur 27 tahun). Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika Serikat. Menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook di saat masih kuliah dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum Eduardo Saverin dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes. Saat ini ia menjabat sebagai CEO Facebook. Zuckerberg terlahir sebagai Yahudi, namun ia memproklamirkan dirinya sebagai seorang Atheis.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg
http://id.wikipedia.org/wiki/Bill_gates
http://id.wikipedia.org/wiki/Eric_Schmidt

1 komentar:

Ayuningtyas mengatakan...

Saya tunggu untuk resume pertemuan berikutnya.


Bima's Realm © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute