Senin, 03 Oktober 2011

Seminar Perisan 1 Oktober 2011

                Pada tanggal 1 Oktober, hari sabtu lalu diadakan kegiatan seminar perisan di gedung serba guna STIKOM Surabaya. Pada kesempatan kali ini terdapat 2 materi yang akan di sampaikan. Materi pertama adalah tentang pengalaman kerja, dalam seminar pengalaman kerja ini kita di ceritakan beberapa pengalaman tentang dunia kerja dan juga mengutip beberapa kata – kata dari orang – orang atau ilmuan sukses, yang pertama adalah dari Albert Einstein yang berbunyi “a person who never made a mistake never tried anything new”, dalam kutipan ini bisa kita artikan bawha jika seseorang tidak pernah gagal, maka dia tidak akan mencoba hal baru untuk memperbaiki kesalahannya sehingga orang – orang seperti itu tidak akan pernah mencoba hal – hal baru.
Kutipan kedua berasal dari Steve Jobs yang berbunyi “Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle as with all matters of the heart, you’ll know when you find it. And like any great relationship, it just gets better and better as the years roll on. So keep looking until you find it. Don’t settle” yang dapat kita artikan bawha bekerja nanti merupakan kehidupan yang akan kita jalani di sebagian besar hidup kita, maka bekerjalah kita dengan rasa suka terhadap pekerjaan tersebut, jika kita belum menemukan pekerjaan yang kita sukai, teruslah mencari. Dan dengan beberapa relasi yang bagus maka pekerjaan kita akan menjadi lebih baik dan baik kedepannya, jadi teruslah mencari pekerjaan tersebut dan jangan menyerah. Kutipan terakhir berasal dari Bill gates yang berbunyi “Technology is just a tool. In terms of getting the kids working together and motivating them, the teacher is the most important” yang dapat kita artikan bahwa hal yang terpenting adalah guru yang berarti pengalaman kita itu sendiri untuk berusaha keras untuk bekerja dan memotivasi kita sendiri.

                Seminar kedua adalah tentang Good Communication Skills yang dijelaskan oleh ibu Yani. Tanpa kita sadari, sangat banyak sekali kegagalan yang disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang baik, ini adalah beberapa contoh tersebut:
·         Gara – gara miskomunikasi wartawan istana mogok
·         Agung Laksono kisruh Jaksa Agung – DPR miskomunikasi
·         52% remaja pacaran putus karena masalah komunikasi
Itu adalah beberapa contoh kasus yang ada di Indonesia ini tentang miskomunikasi. Ini menandakan betapa pentingnya kemampuan berkomunikasi yang baik. Komunikasi sangat penting di dunia kerja, bayangkan saja jika kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik, apa yang terjadi pada diri kita, kita mungkin tidak akan sukses. Adapun beberapa komponen dalam komunikasi yaitu:
·         IDE atau GAGASAN yang jelas
·         KOMUNIKATOR
·         PENERIMA
·         PESAN yang jelas
·         MEDIA yang jelas
·         STRATEGI yang sesuai
·         Memberikan PERSEPSI yang seragam
·         Panca indra PENERIMA yang baik
Ada juga jenis komunikasi yaitu komunikasi perorangan yang berarti komunikasi yang bertatap muka langsung dan komunikasi berkelompok yang berarti komunikasi yang melibatkan lebih dari satu orang. Kata kunci untuk memberikan informasi yang baik, biasa di sebut 6C:
1.       Clear                      2.    Complex                   3.    Correct
4.       Concise                  5.    Courteous                 6.    Concrete
Materi tentang Good Communication Skills ditutup dengan member tahu hasil penelitian bahwa 70% kesalahan di dunia kerja adalah hasil dari komunikasi yang buruk. Maka dari itulah kemampuan komunikasi yang baik itu sangat penting.

0 komentar:


Bima's Realm © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute