Sabtu, 22 Oktober 2011

Resume KSI Pertemuan 5 & 6


Kali ini saya akan membahas resume tentang pertemuan ke 5:
 
Pada pertemuan kali ini dijelaskan tentang E-bisnis dan E-Commerce
*E-commerce adalah usaha untuk penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
 
*E-bisnis adalah penggunaan IT dan komputer yang dilakukan oleh organisasi, individu untuk menjalankan dan mengolah proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan berupa keamanan, integrasi dan tingkat produktivitas.

*Perbedaan dari E-bisnis dan E-commerce adalah E-Commerce bagian dari E-Bisnis. Bagian yang satu adalah konsep yang sangat luas, sedang satunya hanya satu bagian kecil dari itu.

*ERP adalah tulang punggung bisnis yang berfungsi untuk pemrosesan penjualan, pemasaran, manajemen dan pengendalian persediaan, perencanaan produksi serta keuangan. Semua jenis bisnis mengimplementasikan system ERP. Sistem ini dapat menghasilkan manfaat bisnis yang signifikan bagi perusahaan, diantaranya :
1.       Kualitas dan efisiensi ,Menciptakan kerangka kerja untuk meningkatkan proses bisnis internal perusahaan.
2.       Penurunan biaya, banyak perusahaan yang melaporkan penurunan signifikan dalam biaya pemrosesan (hardware, software, karyawan ), jika dibanding dengan system lama yang tidak terintegrasi yang digantikan oleh system ERP baru mereka.
3.       Pendukung keputusan, ERP menyediakan informasi mengenai kinerja bisnis yang sangat cepat untuk manager agar dapat meningkatkan kemampuannya untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat.
4.       Kelincahan perusahaan, system ERP dapat menghasilkan struktur organisasi, tanggung jawab menejerial, dan peran kerja yang lebih flexible.
*CRM sangat berguna untuk membantu para manager untuk berbisnis yang berfokus pada pelanggan. Software CRM sebuah software yang dijalankan melalui web dan membantu para praktisi penjualan, pemasaran, dan layanan untuk menangkap serta menulusuri data yang relevan mengenai setiap kontrak yang sudah lewat atau yang direncanakan dengan para pelanggan. Software analistis CRM meliputi alat penambangan data (data mining) dan software analistis pemasaran lainnya, sementara database CRM dapat berisi gudang data pelanggan dan data mart CRM.
Manfaat dari CRM adalah mengidentifikasi dan menargetkan pelanggan terbaik,real time kustomisasi dan personalisasi produk dan layanan,melacak kapan pelanggan melakukan kontak ke perusahaan, memberikan pengalaman layanan pelanggan yang konsisten dan layanan yang unggul dan dukungan.

 

*SCM adalah system antarperusahaan lintas fungsi yang menggunakan teknologi informasi untuk membantu mendukung serta mengelola berbagai hubungan antara beberapa proses bisnis utama perusahaan dengan pemasok, pelanggan, serta para mitra bisnis. Tujuan dari SCM adalah untuk menciptakan jaringan yang cepat, efisien, dan berbiaya rendah atau disebut rantai pasokan untuk membuat produk perusahaan beranjak dari konsep menuju pasar.


*ECS (enterprise collaboration system) adalah system informasi lintas fungsi yang meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama antaranggota tim bisnis dan kelompok kerja. Tujuan ECS adalah membantu kita untuk berkomunikasi, berkoordinasi, dan bekerja sama. Alat komunikasi elektronik meliputi email, pesan suara, faks, publikasi web, system papan bulletin, penyeranta, dan system telepon internet.
System fungsional bisnis adalah berbagai jenis system informasi (pemrosesan transaksi , informasi manajemen, pendukung keputusan, dll) yang mendukung berbagai fungsi bisnis seperti akutansi, keuangan, pemasaran, manajemen operasi, dan manajemen sumber daya manusia.



Kali ini saya akan membahas tentang resume pertemuan ke 6:


Pertemuan kali ini dijelakan tentang DSS (Decision Support System) atau yang lebih dikenal dengan sebutan SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN.

*Tingkat pengambilan keputusan management yang harus didukung oleh teknologi informasi dalam organisasi yang sukses adalah :
1.       Management strategis, eksekutif mengembangkan tujuan, strategi, kebijakan dan sasaran organisasi.
2.       Management taktis, manager dan professional bisnis dalam tim yang bekerja sendiri. Membangaun rencana jangka pendek dan menengah, jadwal kerja dan anggaran, menentukan prosedu, kebijakan dan tujuan bisnis untuk subunit mereka.
3.       Management operasional, anggota tim mandiri atau manager operasional mengembangkan rencana jangka pendek seperti jadwal produksi mingguan.



*Penerapan DSS Dalam Suatu Instansi
Mengapa DSS digunakan dalam suatu perusahaan?
·         Perusahaan beroperasi pada ekonomi yang tidak stabil.
·         Perusahaan dihadapkan pada kompetisi dalam dan luar negeri yang meningkat.
·         Perusahaan menghadapi peningkatan kesulitan dalam hal melacak jumlah operasi-operasi bisnis.
·         Sistem komputer perusahaan tidak mendukung peningkatan tujuan perusahaan dalam hal efisiensi, profitabilitas dan mencari jalan masuk di pasar yang benar-benar menguntungkan.

*Dampak Pemanfaatan DSS
Dampak dari pemanfaatan Decision Support System (DSS) antara lain :
·         Masalah-masalah semi struktur dapat dipecahkan.
·         Problem yang kompleks dapat diselesaikan.
·         Sistem dapat berinteraksi dengan pemakainya.
·         Dibandingkan dengan pengambilan keputusan secara intuisi, pengambilan keputusan dengan DSS dinilai lebih cepat dan hasilnya lebih baik.
·         Menghasilkan acuan data untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh manajer yang kurang berpengalaman.
·         Untuk masalah yang berulang, DSS dapat memberi keputusan yang lebih efektif.
·         Fasilitas untuk mengambil data dapat memberikan kesempatan bagi beberapa manajer untuk berkomunikasi dengan lebih baik.
·         Meningkatkan produktivitas dan kontrol dari manajer.

*Faktor Pendukung DSS
Pengambilan keputusan dipengaruhi oleh :
·         Faktor teknologi
·         Faktor kompleksitas struktural
·         Faktor pasar internasional
·         Faktor stabilitas politik
·         Faktor konsumerisme
·         Faktor intervensi pemerintah
·         Faktor informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut,
·         Faktor gaya pengambilan keputusan dan
·         Faktor kemampuan (intelegensi ,persepsi, dan falsafah) serta
·         Pertimbangan pengambil keputusan

0 komentar:


Bima's Realm © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute